HOME
Home » News » Cara Membuat Kartu Kuning Untuk Pencari Kerja

Cara Membuat Kartu Kuning Untuk Pencari Kerja

Posted at July 17th, 2017 | Categorised in News

Kartu kuning yang kami maksud disini adalah kartu tanda pencari kerja, biasa dikenal sebagai kartu kuning atau istilah aslinya AK1. Pada awalnya kartu ini memang berwarna kuning, namun sekarang warna kartu AK 1 menjadi berwarna putih.

Kartu ini berisi informasi mengenai informasi lengkap data diri pencari kerja, mulai dari nama, nomor induk kependudukan, berikut gelar, data kelulusan, serta kampus atau sekolah tempat pencari kerja mendapatkan gelarnya. Masing-masing pemilik kartu kuning akan mendapatkan nomor pendaftaran pencari kerja dan terdaftar di Dinas Tenaga Kerja daerah setempat.

Kartu kuning pada umumnya dibutuhkan untuk melamar pekerjaan di beberapa instansi. Umumnya instansi tersebut adalah instansi pemerintah atau badan usaha milik negara (BUMN).

Jika Anda berniat melamar menjadi calon pegawai negeri sipil (CPNS) dari kementerian atau kedinasan, kartu kuning adalah sebuah keharusan sebagai persyaratan kelengkapan dokumen.

Kartu kuning dibuat oleh dinas tenaga kerja di daerah Anda, baik di kota, kabupaten atau provinsi. Pada dasarnya kartu kuning diterbitkan oleh dinas tenaga kerja sebagai data penduduk yang mencari kerja, dengan melampirkan kartu kuning, perusahaan atau instansi tempat Anda mengajukan lamaran diharapkan akan memprioritaskan lamaran kamu, jika perusahaan tersebut sudah bekerja sama dengan dinas tenaga kerja.

Melalui data kartu kuning pemerintah bisa melakukan sensus secara tidak langsung mengenai tingkat pendidikan warganya dan mengetahui potensi angkatan pekerja penduduk. Dengan demikian pemerintah daerah bisa menyusun program ketenagakerjaan yang tepat sesuai dengan data penduduk tersebut sehingga angkatan kerja sehingga dapat tersalurkan dengan baik. Hal ini bertujuan untuk mengurangi angka pengangguran di daerah masing-masing.

Cara membuat kartu kuning untuk pencari kerja

Dinas tenaga kerja adalah pihak instansi terkait yang memiliki kewenangan untuk menyalurkan pekerjaan akan memprioritaskan pencari kerja yang melaporkan statusnya, terlebih jika setelah beberapa kali memberikan laporan belum juga mendapatkan pekerjaan. Umumnya dinas tenaga kerja akan mengelompokkan berkas para pencari kerja berdasarkan latar belakang pendidikan, dst.

Jika ada perusahaan atau instansi yang melaporkan ke dinas tenaga kerja bahwa mereka membutuhkan karyawan dengan kriteria tertentu maka pencari kerja yang memenuhi kriteria dan tercantum dalam daftar dinas tenaga kerja akan dihubungi oleh dinas ketenagakerjaan. Untuk memastikan kesiapan para pencari kerja, dinas tenaga kerja akan melakukan wawancara khusus dan memberikan pendampingan secara psikologis. Setelah dirasa siap untuk direkomendasikan, calon pekerja tersebut akan direkomendasikan ke perusahaan atau instansi.

Berikut cara menerbitkan kartu kuning

Anda wajib menyiapkan dokumen-dokumen berikut.

  1. Ijasah asli atau fotokopi ijasah yang dilegalisir, bawa sekalian yang asli untuk validasi.
  2. Kartu tanda penduduk (KTP) asli : Umumnya petugas hanya menanyakan KTP asli kamu untuk mengonfirmasi data. Namun, tidak ada salahnya untuk membawa serta fotokopi KTP asli sebagai bahan verifikasi.
  3. Kartu keluarga asli dan potocopy, umumnya petugas hanya menanyakan KTP asli kamu untuk mengonfirmasi data.
  4. Pasfoto berwarna ukuran 3×4 sebanyak 2 lembar : Siapkan pasfoto berwarna dengan latar belakang warna merah sebanyak dua lembar.

Siapkan dokumen-dokumen tersebut dalam satu folder atau satukan dalam satu map. Lalu bawalah dokumen tersebut ke dinas tenaga kerja di daerah masing-masing. Kamu akan menemukan loket khusus pembuatan kartu kuning di dinas tenaga kerja daerah.

Setelah menyerahkan dokumen dokumen diatas, kamu hanya tinggal menunggu nama kamu dipanggil oleh petugas. Setelah Anda dipanggil, petugas akan menanyakan keperluan kamu membuat kartu kuning. Petugas akan mengisi data di kartu kuning sesuai data pada dokumen yang kamu lampirkan, namun ada kalanya kamu yang harus mengisi data tersebut sendiri. Kemudian tempelkan pasfoto yang telah kamu sertakan lalu tanda tangani kartu kuning pada bagian yang ditentukan. Jika Anda sudah yakin tidak ada kesalahan, petugas yang berwenang akan menandangani kartu kuning milikmu.

kartu kuning

kartu kuning

Jangan lupa setelah kartu kuning Anda jadi, sebelum meninggalkan dinas tenaga kerja, mintalah ligalisir kartu kuning yang banyak, buat bekal mencari pekerjaan. Tidak ada ketentuan biaya untuk pembuatan kartu kuning, jika Anda dimintai biaya, segera laporkan Tim Saber Pungli.

Berikut diatas adalah tips cara membuat kartu kuning. Selamat untuk berjuang mencari kerja!

No comment for Cara Membuat Kartu Kuning Untuk Pencari Kerja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Post to Cara Membuat Kartu Kuning Untuk Pencari Kerja

Pupuk Kilat Pupuk Majemuk Cair Terbaik Di Indonesia

Posted at 20th September 2017

CV.CATUR INTI PERSADA adalah perusahaan yang bergerak di bidang teknologi pertanian,pada saat ini memproduksi berbagai jenis : Pupuk Hayati Majemuk Kilat Pupuk Organik Kilat... Read More

traveling di akhir pekan

Bagini Cara Menikmati Traveling Di Akhir Pekan

Posted at 12th August 2017

Traveling sering kali diartikan sebagai liburan untuk menghabiskan uang atau berbelanja. Tapi, tanpa Anda sadari dengan kehilangan waktu untuk menghabiskan akhir pekan dengan aktivitas... Read More

wikileaks aplikasi canggih

WikiLeaks Adalah Media Massa Internasional

Posted at 11th August 2017

WikiLeaks Adalah Media Massa Internasional.- Media masa Internasional yang satu ini dapat mengungkapkan dokumen-dokumen rahasia negara dan perusahaan kepada publik, dengan teknologi informasi mereka mampu... Read More

traveling gunung bromo

Tips Backpacker Ke Gunung Bromo

Posted at 6th August 2017

Sebelum backpecker menuju Gunung Bromo, berikut mengulas tentang sejarah Legenda Gunung Bromo ” Joko Seger “ Dan “Rara Anteng” telah menjadi kisah bagi masyarakat... Read More

penyakit maag akut

Inilah Fakta Maag Kronis Bisa Sebabkan Kematian

Posted at 5th August 2017

Masyarakat Indonesia digegerkan dengan kabar penyakit maag yang menjadi penyebab meninggalnya dr. Ryan Thamrin, host acara Dr. OZ. Seorang seksolog berusia 39 tahun ini... Read More