HOME
Home » blog » kesehatan » News » Cara Mengatasi Darah Rendah Dengan Daun Bayam

Cara Mengatasi Darah Rendah Dengan Daun Bayam

Posted at February 24th, 2018 | Categorised in blog, kesehatan, News

Daun bayam duri banyak diyakini banyak mengandung rutin amrantin spinasterol hentriakontan tanin kalium nitrat kalsium oksalat garam fosfat zat besi serta vitamin. Terna semusim ini memiliki ciri – ciri khusus yaitu tumbuh tegak, tinggi 30 – 100 cm dengan batang berwarna hijau atau kemerahan, bagian pangkal polos, bagian atas sedikit demi sedikit berambut, bercabang banyak dan berduri ( halus dan tajam ).

Memiliki daun tunggal, bertangkai panjang, letak berseling, ujung tumpul, pangkal runcing, tepi rata kadang beringgit, tulang daun dipunggung menonjol, panjang sekitar 1,5 – 6 cm, lebar 1 – 3 cm, dan berwarna hijau. Pada sudut daun bayam terdapat sepasang duri keras yang mudah lepas.

Bunga berkelamin tunggal, bunga betina berkumpul dalam tukal yang rapat berbentuk bola di ketiak dan bunga jantan berbentuk bulir yang dapat bercabang pada pangkalnya, keluar di ketiak daun atau ujung batang, warnanya hijau keputihan. Buah bulat panjang dan hijau. Biji bulat, kecil, dan hitam. Perbanyakannya dengan biji.

Sayur bayam merupakan salah satu menu sayuran favorit ibu rumah tangga di Indonesia, dimana banyak yang menggemari jenis sayuran ini untuk melengkapi menu makan sehat mereka sehari – hari, betapa tidak, di samping rasanya yang enak dan segar, ternyata sayuran ini sangat menyehatkan dan mengandung banyak khasiat dan manfaat lengkap bagi kesehatan tubuh manusia pada umumnya. Salah satu manfaat yang akan dibahas pada artikel ini adalah erat kaitannya dengan daun bayam terhadap obat herbal buat penderita tekanan darah rendah atau bahasa medisnya disebut hipotensi, tekanan darah normal berkisar antara 110 – 120 sistole, dan 60 – 80 diastole, jadi apabila anda mempunyai tekanan darah di bawah nilai normal disertai dengan gejala – gejala seperti sering pusing, pandangan berkunang – kunang, serta keluhan lesu, kemungkinan besar anda terkena tekanan darah rendah, tapi untuk memastikannya, sebaiknya memeriksakan diri ke dokter atau ke rumah sakit.

Bayam ternyata sangat baik untuk mengobati dan mengatasi penderita tekanan darha rendah, benarkah? Nutrisi yang terkandung pada daun bayam antara lain 3 gram zat besi, 81 kalsium, 2,3 gram protein, 3,2 gram karbohidrat. Bayam juga merupakan sumber vitamin dan mineral lho seperti Vitamin C, Niacin, Thiamin ( B1), Fosfor, ribovlavin, natrium, kalium dan magnesium. Kandungannya lengkap banget bukan, sehingga wajar saja jika rajin mengkomsumsi bayam akan membantu mengatasi kondisi tekanan darah rendah, dimana kalau kita cermati kandungan zat besi dan kalsium inilah yang memiliki peran aktif untuk menaikkan tekanam darah hingga kembali normal.

 

Selain dikomsumsi sebagai sayuran, menurut para pakar herbal, untuk memperoleh hasil yang memuaskan, daun bayam bisa anda olah dalam bentuk ramuan tradisional sebagai berikut :

  • Pertama, ambillah 3 lembar daun bayam yang masih fresh dan baru dipetik, cuci bersih, lalu tumbuk hingga halus, kemudian tambahkan segelas air putih. Saringlah air tumbukan daun bayam tadi, berikan sedikit madu untuk memberikan rasa segar. Nah, minumlah ramuan ini setiap pagi dan sore hari selama kurang lebih 3 hari.
  • Kedua, ambillah bayam merah segar secukupnya lalu dicuci bersih. Rebuslah dengan air 2 liter dan campur dengan bumbu sesuai selera anda untuk dijadikan sayur temannya makan nasi. Sebelum dimakan, ukur dulu tekanan darah anda, agar anda mengetahui perkembangan tekanan darah sebelum mengkonsumsi sayur ini dan hasilnya akan tampak setelah 3 hari mengkomsumsi bayam merah dengan rutin sebagai lauk temannya makan nasi.
  • Ketiga, sediakan daun bayam sebanyak 250 gram kemudian tambahkan bahan pendukung seperti, gula aren 10 gram, asam kawak 5 gram, bawang merah 50 gram, lada 10 gram, lombok 15 gram, dan garam dapur 7 gram. Bayam dicuci bersih kemudian direbus, tapi usahakan tidak terlalu masak, dan bahan -bahan lainnya ditumbuk hingga halus dan dijadikan satu, hingga mirip dengan sambal. Kemudian dimakan bersama nasi beras merah pada siang hari saja. Gunakanlah setiap hari sebagai lauk – pauk.
Baca Juga :
Cara Merawat Tubuh Dengan Madu

No comment for Cara Mengatasi Darah Rendah Dengan Daun Bayam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Post to Cara Mengatasi Darah Rendah Dengan Daun Bayam

Personal Beauty Aesthetic Clinic

Posted at 5th May 2018

Personal Beauty.- Personal beauty supplier Indonesia. terpercaya dan siap melayani pesanan dari dalam negeri maupun luar negeri. Personal Beauty adalah Produk kecantikan yang telah terpercaya di... Read More

internet marketer

Internet Marketer

Posted at 22nd March 2018

Internet Marketer seperti halnya seseorang yang sedang melakukan bisnis online, bekerja di hadapan pc atau laptop, seseorang bisa mendapatkan penghasilan yang lumayan, bahkan beberapa... Read More

10 Bisnis Millennials Yang Bisa Kamu Lakukan

Posted at 15th March 2018

Menjadi seorang karyawan di perusahaan besar maupun kecil tentunya Anda memiliki impian besaruntuk mewujudkan kebutuhan yang belum sempat terpenuhi. Namun ada masanya ketika menjadi... Read More

Blackberry DTEK60

Ingin Ganti Smartphone Baru? Berikut Tips Ini

Posted at 23rd February 2018

Kadang kala sejumlah orang bingung dalam memilih smartphone. Berbagai pertimbangan yang tercetus sebelum membeli smartphone, mulai dari sistem operasi (OS) yang tepat utuk smartphone... Read More

6 Peluang Usaha Ibu Rumah Tangga Yang Mudah Dijalankan

Peluang Usaha Modal Kecil Untuk Ibu Rumah Tangga

Posted at 23rd February 2018

Mencari peluang usaha modal kecil / bisnis rumah tangga yang paling mudah untuk dijalankan oleh seorang istri yang kebetulan hanya sebagai ibu rumah tangga... Read More