HOME
Home » News » Pupuk Hayati Majemuk Pilih Yang Anda Butuhkan

Pupuk Hayati Majemuk Pilih Yang Anda Butuhkan

Posted at November 28th, 2016 | Categorised in News

Hayati KILAT merupakan gudang hara yang berbahan mikroba tanah, berfungsi menyediakan hara untuk tanaman, mengurai bahan-bahan organik padat dalam tanah dan menjaga ekosistem mikroorganisme tanah.

Berbahan organik yang diambil dari sari-sari tanaman, tidak mengandung mikroba patogen, serta aman bagi tanah,tanaman dan lingkungan.

Berfungsi meningkatkan kesuburan tanah, memacu pertumbuhan dan hasil panen tanaman, mampu menjadi pestisida organik saat terjadi infeksi patogen atau hama tanaman.

Mikroba mikroba yang terkandung dalam hayati terdiri dari mikroba penambat N dan pelarut P dan K.

Keunggulan Pupuk Hayati Sebagi Berikut :

  • Mempercepat fase pertumbuhan tanaman baik vegetatif hingga generatif
  • Mengurangi penggunaan pupuk an organik hingga 70% secara bertahap serta mengurangi pemakaian pestisida kimia
  • Tanaman menjadi lebih tahan terhadap serangan OPT dan mengurangi kerusakaan hasil tanaman
  • Meningkatkan hasil panen hingga 50% dan kualitas hasil panen menjadi lebih baik
  • Kandungan hara dan mikroba telah disesuaikan dengan kebutuhan tanaman dan tanah
  • Memudahkan dalam aplikasi di lahan
  • Mengurangi biaya produksi tanam
  • Menjaga kelestarian lingkungan dan tidak menyebabkan residu

petani-pengguna-pupuk-hayati

Beradasarkan Sumber Penyuluhan Dinas Kementerian Pertanian, kualitas pupuk hayati bisa dilihat dari parameter sebagai berikut :

  1. Jumlah populasi mikroorganisme, jumlah mikroorganisme hidup yang terdapat dalam pupuk harus terukur. Bila jumlahnya kurang maka aktivitas mikroorganisme tersebut tidak akan memberikan pengaruh pada pertumbuhan tanaman.
  2. Efektifitas mikroorganisme, tidak semua mikroorganisme memberikan pengaruh positif pada tanaman. Bahkan beberapa diantaranya bisa menjadi parasit. Hanya mikroorganisme tertentu yang bisa dijadikan sebagai pupuk hayati. Sebagai contoh, jenis Rhizobium yang bisa menambat nitrogen, atau Aspergillus niger sebagai pelarut fosfat.
  3. Bahan pembawa, fungsinya sebagai media tempat mikroorganisme tersebut hidup. Bahan pembawa harus memungkinkan organisme tetap hidup dan tumbuh selama proses produksi, penyimpanan, distribusi, hingga pupuk siap digunakan.
  4. Masa kadaluarsa, sebagai mana mahluk hidup lainnya mikroorganisme tersebut memiliki siklus hidup. Apabila mikroorganisme dalam pupuk telah mati, pupuk tersebut tidak bisa dikatakan sebagai pupuk hayati. Untuk memperpanjang siklus hidup tersebut, produsen pupuk biasanya mengemas mikroorganisme tersebut dalam keadaan dorman. Sehingga perlu aktivasi kembali sebelum pupuk diaplikasikan pada tanaman. Pupuk yang benar seharusnya mencantumkan tanggal kadaluarsa dalam kemasannya.

BACA JUGA INILAH PUPUK HAYATI TERBAIK UNTUK ANDA

Tags :

No comment for Pupuk Hayati Majemuk Pilih Yang Anda Butuhkan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Post to Pupuk Hayati Majemuk Pilih Yang Anda Butuhkan

Personal Beauty Aesthetic Clinic

Posted at 5th May 2018

Personal Beauty.- Personal beauty supplier Indonesia. terpercaya dan siap melayani pesanan dari dalam negeri maupun luar negeri. Personal Beauty adalah Produk kecantikan yang telah terpercaya di... Read More

internet marketer

Internet Marketer

Posted at 22nd March 2018

Internet Marketer seperti halnya seseorang yang sedang melakukan bisnis online, bekerja di hadapan pc atau laptop, seseorang bisa mendapatkan penghasilan yang lumayan, bahkan beberapa... Read More

10 Bisnis Millennials Yang Bisa Kamu Lakukan

Posted at 15th March 2018

Menjadi seorang karyawan di perusahaan besar maupun kecil tentunya Anda memiliki impian besaruntuk mewujudkan kebutuhan yang belum sempat terpenuhi. Namun ada masanya ketika menjadi... Read More

cara mengatasi darah rendah dengan daun bayam

Cara Mengatasi Darah Rendah Dengan Daun Bayam

Posted at 24th February 2018

Daun bayam duri banyak diyakini banyak mengandung rutin amrantin spinasterol hentriakontan tanin kalium nitrat kalsium oksalat garam fosfat zat besi serta vitamin. Terna semusim... Read More

Blackberry DTEK60

Ingin Ganti Smartphone Baru? Berikut Tips Ini

Posted at 23rd February 2018

Kadang kala sejumlah orang bingung dalam memilih smartphone. Berbagai pertimbangan yang tercetus sebelum membeli smartphone, mulai dari sistem operasi (OS) yang tepat utuk smartphone... Read More