HOME
Home » Bisnis » News » Rasa Dan Aroma Kopi Jampit Menjadi Sangat Populer

Rasa Dan Aroma Kopi Jampit Menjadi Sangat Populer

Posted at October 20th, 2017 | Categorised in Bisnis, News

Kopi Indonesia saat ini menempati peringkat ketiga terbesar di dunia dari segi hasil produksi. Kopi di Indonesia memiliki sejarah panjang juga memiliki peran penting bagi pertumbuhan perekonomian masyarakat di Indonesia pada jaman itu. Indonesia termasuk negara yang diberkati dengan letak geografisnya yang sangat cocok difungsikan sebagai lahan perkebunan kopi. Letak Indonesia sangat ideal bagi iklim mikro untuk pertumbuhan dan produksi kopi.

Kopi jampit berkembang sejak pada era Tanam Paksa atau Culturstelsel (1830—1870) masa penjajahan Belanda di Indonesia, pemerintah Belanda membuka sebuah perkebunan komersial pada koloninya di Hindia Belanda, khususnya di pulau Jawa pulau Sumatera dan sebahagian Indonesia Timur. Jenis kopi yang dikembangkan di Indonesia secara mayoritas adalah jenis Arabika yang didatangkan langsung dari Yaman, salah satu contoh adalah kopi jampit. Pada awalnya pemerintah Belanda menanam kopi di daerah sekitar Batavia (Jakarta), Sukabumi, Bogor, Mandailing dan Sidikalang. Kopi juga ditanam di Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, Sumatera, Sulawesi, Timor dan Flores.

Sangat cocok jika pulau jawa terkenal sebagai pulau agraris dan banyak hasil bumi yang dihasilkan dari pulau ini. Tanah di Pulau Jawa sangat cocok untuk berkebun dan bertani. Hasil buminya pun sangat menguntungkan bagi warga Pulau Jawa. Misalnya: agave (Agave merupakan tanaman hias yang mempunyai warna daun hijau muda bercampur dengan alur menyerupai pita dan bersisik mirip. Tanaman ini ditemukan pada abad 20), avokad, bawang, beras, cengkeh, buncis, cokelat, durian, jagung, kacang hijau, kacang mede, kacang tanah, kapas, kapuk, karet, kayu manis, kedelai, kelapa, kelapa sawit, kentang, ketela pohon, kina, kopi dan masih banyak lagi.

Salah satu hasil bumi yang terkenal dari Julau Jawa adalah kopi. Kopi yang berasal dari Pulau Jawa di Indonesia ini sangatlah terkenal sehingga nama Jawa menjadi nama identitas untuk kopi.

Kopi Jawa Indonesia tidak memiliki bentuk yang sama dengan kopi Sumatra dan Sulawesi, cita rasa juga tidak terlalu kaya sebagaimana kopi dari Sumatra atau Sulawesi karena sebagian besar kopi Jawa diproses secara basah (wet process). Meskipun begitu, sebagian kopi Jawa mengeluarkan aroma tipis rempah sehingga membuatnya lebih baik dari jenis kopi lainnya. Kopi Jawa memiliki keasaman yang rendah dikombinasikan dengan kondisi tanah, suhu udara, cuaca, serta kelembaban udara.

Kopi Jawa yang paling terkenal adalah Jampit dan Blawan. Biji kopi Jawa yang tua (disebut old-brown) berbentuk besar, dan rendah kadar asam. Kopi ini dengan rasa kuat, pekat, rasa kopi manis. Produksi Kopi Jawa Arabika dipusatkan di tengah Pegunungan Ijen, di bagian ujung timur Pulau Jawa, dengan ketinggian pegunungan 1400 meter. Kopi ini dibudidayakan pertama kali oleh kolonial Belanda di abad 18 pada perkebunan besar.

CITARASA KOPI JAVA JAMPIT

Kopi Java Jampit ini berasal dari perkebunan milik pemerintah di Jawa Timur atau yang lebih dikenal dengan nama PTPN XII. Kopi ini memiliki citarasa yang khas jika dibandingkan dengan kopi Nusantara lainnya, dengan body dan citarasa chocolate aftertaste dengan karamel, citarasa citrus/lemon yang sweet woody.

Kopi yang berasal dari Jawa Timur ini sudah terkenal sejak zaman colonial Belanda. Kopi yang tumbuh di dataran tinggi Ijen ini memiliki citarasa yang unik dibandingkan dengan kopi dari daerah lain di Indonesia yaitu tingkat keasaman yang medium dan body medium.

Kopi ini dengan rasa kuat, pekat, rasa kopi manis. Produksi Kopi Jawa Arabika dipusatkan di tengah Pegunungan Ijen, di bagian ujung timur Pulau Jawa, dengan ketinggian pegunungan 1400 meter. Kopi ini dibudidayakan pertama kali oleh kolonial Belanda pada abad 18 pada perkebunan besar.

Java coffee adalah kopi yang berasal dari Pulau Jawa di Indonesia. Kopi ini sangatlah terkenal sehingga nama Jawa menjadi nama identitas untuk kopi. Kopi Jawa Indonesia tidak memiliki bentuk yang sama dengan kopi asal Sumatra dan Sulawesi, cita rasa juga tidak terlalu kaya sebagaimana kopi dari Sumatra atau Sulawesi karena sebagian besar kopi jawa diproses secara basah (wet process). Meskipun begitu, sebagian kopi Jawa mengeluarkan aroma tipis rempah sehingga membuatnya lebih baik dari jenis kopi lainnya.

Kopi Jawa memiliki keasaman yang rendah dikombinasikan dengan kondisi tanah, suhu udara, cuaca, serta kelembaban udara. Disini siapa yang kurang menyukai rasa asam pada kopi. Perkebunan pertama dimulai ketika masa penjajahan Belanda pada tahun 1699. Seperti yang sering kita dengar nama Jawa (Java) sudah menjadi sinonim pengganti untuk menyebut segelas kopi.

Perkebunan kopi di tanah Jawa berada diketinggian sekitar 4.000 kaki diatas permukaan tanah dengan kondisi tanahnya yang dikelilingi gunung-gunung berapi. Java Jampit kami olah dengan wet process dan dirosting pada tingkat medium. Kopi Jampit memiliki karakter yang kaya, kompleks dan hal-hal baik lainnya yang kita harapkan dari segelas kopi Indonesia. Aroma yang tercium ketika beans di-brewing adalah campuran wangi manis kopi dengan sejenis wangi bunga dan sedikit wangi rempah (spice). acidity pada kopi jampit yang rendah pada biji kopi, bagi sebagian orang terasa kurang. Kopi jampit bisa diolah dan menghasilkan beragam karakter.

Baca Juga “

Kopi Kalisat Jampit Semakin Dicari

Kadar Kafein Yang Pas Untuk Meningkatkan Daya Ingat

Pagelaran Musik Jazz Di Bondowoso Republik Kopi

1 Comment for Rasa Dan Aroma Kopi Jampit Menjadi Sangat Populer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Post to Rasa Dan Aroma Kopi Jampit Menjadi Sangat Populer

honey for beauty by. mex publisher

Cara Merawat Kecantikan Wajah Dan Kulit Dengan Madu

Posted at 29th October 2017

Madu herbal alami.- Merawat kecantikan kulit dan wajah sudah menjadi hal wajib bagi setiap wanita, mungkin beberapa hal telah ditempuh namun belum ada hasil.... Read More

HARBOLNAS

Sejarah Harbolnas Di Indonesia

Posted at 29th October 2017

Sejarah Harbolnas di Indonesia.- Negara-negara maju seperti Jepang, Amerika Serikat, Jerman dan Inggris memiliki hari besar belanja online setiap tahunnya yang disebut dengan Cyber... Read More

Bahaya Rokok Terhadap Kesehatan

Posted at 20th October 2017

Bahaya Rokok, ketika Anda merokok, Anda akan lebih mungkin terkena serangan jantung. Perokok berisiko dua hingga empat kali lebih tinggi menderita penyakit jantung. Perokok... Read More

youtuber cilik

5 Youtuber Penghasilan Tertinggi Di Dunia

Posted at 6th October 2017

Jaman sekarang bukan cuma orang dewasa saja yang bisa terkenal, melalui internet bahkan anak-anak juga sudah bisa memanfaatkan internet untuk menjadi terkenal. Misalnya adalah... Read More

Kopi Nusantara Menembus Pasar Dunia

Posted at 6th October 2017

Indonesia adalah negara yang memiliki letak geografis dan struktur tanah sangat baik untuk bertumbuhnya pohon kopi. Beberapa wilayah di Indonesia tersebar perkebunan kopi dengan... Read More